Rabu, 29 Juli 2015

How to Makeup in Low Budget

Hai semua, postingan saya kali ini terinspirasi dari waktu saya masih coba-coba dan belajar make up untuk kebutuhan profesionalisme. Ditambah banyak teman-teman seumuran saya yang sudah mulai belajar make up minta tips dari saya gimana caranya ber-make up ria dengan hemat. Maklum, anak kuliahan pasti budget nya pas-pas an tapi tetep pingin tampil cantik hehe. Therefore, saya punya tips dan trik nya supaya kamu para pemula bisa menggunakan make up dengan anggaran yang rendah

1. Buy the Basic Makeup Products First

Sebagai pemula, kamu gak perlu untuk membeli the whole package of make up sekaligus. Selain belum tahu produk mana yang cocok dan gak cocok buat kamu, kamu bisa belajar perlahan menggunakan make up dari basic products. Menurut saya, ada 4 produk yang harus dan hukum wajib nya jadi basic products kamu. Moisturizer, eyebrow pencil, eyeliner, dan, lipstick. Only with these products, wajah kamu sudah terlihat menggunakan make up.

Moisturizer adalah kunci dari segala bentuk perawatan wajah. Produk ini dapat membantu melembabkan kulit, melindungi dari sinar UV, dan dapat menjadi base make up yang baik. Saya sarankan saat membeli moisturizer beli yang menggunakan SPF untuk perlindungan sinar UV. Kemudian, ketika membeli moisturizer, pasti banyak yang memliki tawaran lain yang dapat mempercantik kulit seperti memutihkan, menghilangkan flek, dan sebagainya. Nah, bisa kamu pilih yang paling sesuai dengan kondisi kulit kamu.

Eyebrow is like the crown of the face! Itulah mengapa pensil alis adalah barang wajib kamu untuk dibawa kemana-mana. Karena, kalau bentuk alis udah salah sedikit, the whole make up is ruined! Ada baiknya bahwa alis mata dibentuk terlebih dahulu. Bisa menggunakan metode cukur atau pencabutan alis menggunakan pinset. Saya lebih suka pakai metode cabut alis pakai pinset, selain lebih gampang dibentuk, bulu alis lebih lama tumbuh kembali. Kemudian, setelah pencabutan alis ada baiknya alis diberi baby oil untuk mencegah iritasi dan mengurangi rasa sakit. Setelah alis terbentuk, kamu bisa dengan mudah menggambar alis dengan eyebrow pencil.

Eyeliner perlu diaplikasikan untuk menyeimbangi riasan di alis mata. Pernah saya cuma pakai riasan di alis mata dan lipstick, dan hasilnya... kaya muka orang sakit yang dikasih alis tebel doang. Setelah ditambah eyeliner, baru keliatan bagusnya. Eyeliner sendiri ada yang bentuknya pencil, gel dan liquid. Buat pemula, saya sarankan pakai pencil atau gel, karena lebih mudah diaplikasikan. Tetapi kalau mau langsung pakai yang liquid, it’s okay, once you’ve mastered liquid eyeliner, you can mastered all types of eyeliner.

Lipstick tanpa dipungkiri lagi adalah a must have item. Selain melembabkan bibir, lipstick juga membantu mencerahkan bibir. Warna lipstick bisa disesuaikan dengan pilihan kamu.

Kenapa powder dan foundation tidak saya masukan sebagai basic products? Pertama, we talk about low budget make up, powder dan foundation umumnya mempunyai harga jual yang tinggi. Kedua, powder dan foundation umumnya digunakan untuk heavy make up. Jadi, tanpa dua produk tersebut, riasan wajah kamu tetap akan terlihat lebih santai dan casual.

2. Buy Everything One by One
Setelah basic products sudah terpenuhi, kamu bisa membeli eyeshadows, powder, foundation, blush on, dan riasan wajah lain nya secara perlahan. Kumpulkan saja dulu budget nya, baru produk-produk make up lainnya dapat kamu beli satu per satu. Oiya, when we talk about low budget, bukan berarti kamu harus beli produk yang KW ya. Sekarang banyak banget makeup products yang ada KW nya dengan nama brand terkenal. Harga memang murah, tapi masa kamu mau mengambil risiko kulit kamu rusak? Please, don’t ever use KW products. Kita gak pernah tahu bahan yang dipakai buat bikin produk KW. Skin cancer and other scary diseases can await for you.

3. Buy the Alternative Products from Different Brand


Banyak brand make up terkenal yang memang terkenal akan kualitas nya tetapi memiliki harga yang sangat tinggi. Nah kamu bisa cari pengganti nya di brand lain yang menawarkan harga lebih murah. For example, NAKED Palette dijual dengan harga Rp 980.000, ada dupe dari brand lain yang menawarkan warna palette hampir sama dengan harga jauh lebih murah, seperti LA Girls Nude yang dijual dengan harga Rp 135.000, REVEALED Rp 290.000, The Balm Rp 450.000, dan NYX Natural Rp 380.000. Nah semua brand ini asli dan bisa kamu dapetin dengan harga yang lebih terjangkau. Kualitasnya terkadang gak beda jauh sama yang brand mahal dan kulit kamu masih bisa terjaga karena bukan dari barang KW :D

4. Jadilah cewek MODIS! (Modal Diskon)
This is my favourite strategy to get the best product with the best deal! Saat ini banyak banget promo diskon, gratis pengiriman, voucher, dan sebagainya yang bisa kamu manfaatin untuk dapetin produk make up semurah mungkin. Bisa kamu cari via online ataupun offline. Jika melalui online, kamu bisa cari lewat wadah jualan besar di Indonesia ataupun lewat online shop di sosial media. Sejauh ini wadah jualan favorit saya yang selalu ngasih diskon besar adalah L***da dan Q**10. Kamu bisa juga cari harga termurah di online shop lewat beberapa sosial media. Banyak banget online shop yang ternyata adalah distributor kosmetik sehingga harga yang ditawarkan lebih murah. Tips saya dalam menjalankan ini adalah kamu harus sangat teliti membaca promo penjualan, jangan sampai kamu yang dirugikan. Yang kedua, kamu harus hati-hati dengan online shop dan wadah jualan yang bersangkutan ya, pastikan kalau mereka terpercaya dan produk yang dijual adalah asli.

Pencarian diskon melalui offline store juga mudah dicari dan disiasati. Umumnya promo diskon dapat ditemukan di department store dan official store dari brand yang bersangkutan. Pelajari promo yang ditawarkan oleh toko dan bandingkan dengan promo yang ditawarkan oleh toko lain yang sejenis. Tips saya dalam mensiasati pembelian di offline store adalah sebijaksana mungkin saja kamu menggunakan kartu kredit dan voucher pembelanjaan. Jangan sampai kalap! Hehe


Nah, begitulah beberapa tips yang bisa saya anjurkan apabila kamu mau memakai riasan wajah dengan anggaran rendah. Gimana? Mudah kan. Please let me know what article that you want to read next about make up and please let me know your feedback! Thank you :)

Tidak ada komentar: