Minggu, 19 Juli 2015

Review: Proses Balik Nama STNK di Samsat – Ketipu!

Hai readers! Sebetulnya aku mau nge-share cara dan proses balik nama BPKP nih, tapi jadi keinget pegalaman pahit proses balik nama STNK di kantor samsat. Lantas saya mau bagi cerita dulu ya supaya banyak orang bisa belajar dari pengalaman saya.

Banyak orang dan biro jasa yang menawarkan jasa untuk mengurus proses balik nama STNK dan BPKP kendaraan bermotor, tetapi setelah saya coba urus sendiri ternyata tidak sulit kok. Sebelumnya, kenapa saya mau mencoba jalur formal yang tanpa pungli atau “jalur pendek” dari orang samsat atau orang dalem adalah karna saya kapok dibantuin sama orang dalem.

Biasanya, sebelum urus proses balik nama BPKP, kita perlu mengurus proses balik nama STNK. Proses balik nama STNK cukup rumit, apalagi kalau alamat yang tertera di STNK lama terdaftar di samsat yang jauh dari alamat kita. Kita mesti urus cabut berkas dulu ke samsat di alamat terdaftar lama, baru daftar untuk proses balik nama di samsat alamat kita. Belum lagi, proses antri dan nunggu jadi nya STNK yang baru memakan waktu lama. Lantas, jadi banyak orang yang malas mengurus ini sendirian dan lebih memilih untuk ambil jalur calo dan biro jasa dengan mengocek duit yang cukup banyak. Padahal sebenarnya kalau diurus sendiri biayanya jauh lebih murah.

Nah, kenapa saya kapok pakai “jalur cepat” atau jasa jasa yang menawarkan kemudahan pengurusan surat kendaran bermotor ini? Jadi begini, awalnya saya diberi mandat sama orangtua untuk esek-esek mobil di Samsat Ciledug pada tanggal 1 Juli 2015. Lalu dikasih tau kalau ditanya petugas untuk keperluan apa bilang saja untuk keperluan balik nama. Sebenernya order dari orangtua dari saya sudah jelas, Cuma urus esek-esek mobil, selesai. Lalu, berangkatlah saya ke Samsat Ciledug dan langsung ke tempat esek esek kendaraan. Karena saya masih bloon dan gatau apa-apa soal prosedur balik nama STNK dan kurang cari tau, saat ditanya petugas berseragam untuk keperluan apa esek-esek mobilnya, saya cuma jawab itu untuk keperluan balik nama. Lalu saya disuruh menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti fotokopi ktp, fotokopi stnk, dan sebagainya. Saya manut-manut saja, saya pikir untuk keperluan esek-esek mobil perlu ini itu (emang masih bego). Setelah saya kasih berkas-berkas yang diperlukan kepada bapak berseragam tersebut (sebut saja Pak E), diurus lah sama dia ke dalem gedung. Doi minta duit 30rb untuk keperluan administrasi katanya. Saya kasih lah 100rb. Beliau balik dan ikut proses esek-esek mobil. Setelah esek-esek mobil selesai, saya disuruh ke dalem gedung samsat dan tunggu di ruang tunggu.

Setelah saya nunggu selama kurang lebih 5 menit, beliau balik dengan membawa berkas-berkas sambil ngasi kembalian 50rb. Saya bilang, “loh Pak, kok kembaliannya Cuma 50rb? Ini kurang 20rb nih”. “Oh iya, itu 20rb nya tadi buat legalisir surat jalan”, jawab Pak E sambil ngasih legalisir surat jalan fotokopi STNK. Saya dari situ sudah curiga dan bingung, kok ngurus esek-esek mobil aja ribet banget ya. Udah gitu saya pake ditipu tipu pula, ngambil 20rb ga ngomong dulu. Ternyata eh ternyata, si Pak E ini pas saya bilang ni mobil mau balik nama, dia langsung ngurusin proses balik nama mobil saya tanpa ngasi tawaran dulu, tanpa basa basi, langsung diurusin. Padaha mobil saya ini mau diurus proses balik nama sendiri sama orang tua. Glek! Pikirku. Terkena jebakan batman deh.

Disitu, pas saya belum tau apa-apa, saya nurut nurut aja sama yang Pak E bilang. Manut, walaupun dengan muka meringus curiga. Setelah dia menyatakan bahwa 20rb saya lenyap entah kemana, dia minta Rp 400.000 buat urus balik nama. Saya bilang, “Pak, kok urus beginian aja ribet banget sih? Itu 400rb buat apa aja? Di poster itu jelas cabut berkas cuma 75rb”, saya bilang. “Iya bu, urus beginian emang ribet, 400rb itu buat urus cabut berkas yang di alamat lama nih bu, di Jakarta Barat, nanti ibu kesini lagi 3 hari lagi, berkasnya udah selesai, bisa didaftarin buat balik nama”, jawab Pak E. Saya ga ngerti itu 400rb buat pihak mana aja, tapi yang jelas jalur ni “calo dalem” tinggi banget. Entah apa karena mau lebaran, tarif nya jadi nafsu banget atau gimana saya ga ngerti. Yang jelas waktu itu saya bego banget dan ga kepikiran buat nelfon orangtua buat nanya-nanya (maklum masih bocah). Yaudah, saya turutin aja itu apa kata Pak E, setelah saya ngecek dompet duitnya kurang, saya bilang, “Udah ni pak saya udah gada duit lagi, 370rb aja gapapa ya”. Si Pak E terima duitnya dan langsung cabut lagi ke loket. Setelah diurus sama beliau, beliau balik lagi ke saya sambil kasih surat jalan fotokopi STNK yang sudah dilegalisiir. Saya ga ngerti, tadi udah dikasih, diambil lagi, dikasih lagi. Heuhh, bikin ribet aja nih Pak E.

Setelah saya terima lagi surat jalan nya, Pak E bilang ke saya, “Ibu, ini kurang lebih urusannya selesai 3 sampai 4 hari, nanti ibu kesini lagi aja hari Senin”. Karena kurang percaya, saya minta no HP Pak E. Urusan selesai, saya balik ke rumah.

Sesampainya di rumah, singkat aja, saya kena marah habis-habisan karena bisa segitu bego nya di pandu sama orang dalem. Ternyata, saudara saya ada yang pernah ketipu di Samsat Ciledug saat ngurusin hal yang sama.  Ada petugas berseragam yang menghampiri beliau yang langsung nawarin jasa cepat proses balik nama. Sampai 8 bulan, surat tersebut gak keurus. Dilalah, ternyata itu cuma tukang parkir yang pake seragam PNS Samsat. Pak E langsung ditelfon sama orangtua saya untuk memastikan kalau dia benar-benar kerja disitu. Syukurlah, saya cuma ketipu di biaya sama proses urusan saja :D. Pak E memang bener-bener pegawai samsat yang sepertinya gajinya kekecilan jadinya mencari uang tambahan dengan mengincar orang-orang bloon seperti saya. Proses balik nama STNK selanjutnya Puji Tuhan dilancarkan.

Yang jadi masalah buat saya bukan duitnya, tapi kelakuan petugas samsat yang sudah melanggar etika. Bukannya diberi tahu proses yang harus dijalani dengan benar, malah dijerumuskan ke persengkokolan “calo dalam”. Ditambah lagi tindakan beliau yang curi duit tambahan terselubung. Saya sarankan kalau ketemu yang seperti ini kasih uang pas saja. Karena kalau dikasih lebih, dia ambil kembaliannya. FYI, hal ini keulang lagi pas dibantu daftar balik nama. Ckckck. Segitu rendah nya kah kesejahteraan pegawai samsat?

Jadi kesimpulannya dari pengalaman saya, ada baiknya jika ingin mengurus proses surat kendaran bermotor di Samsat atau kantor yang berkaitan, kita cari tahu dulu proses formal dan benar nya. Googling yang teliti dan cari tahu dari orang yang sudah pernah mengurus surat kendaraan di kantor samsat. Supaya kita sudah siap dengan apa yang harus dilakukan dan berkas-berkas yang perlu disiapkan. Yang kedua, saya yakin di kantor Samsat lain juga banyak oknum yang tiba-tiba nawarin jasa cepat proses surat kendaraan bermotor, baiknya kita tolak saja dan ikuti proses yang benar. Selain menghemat pengeluaran, kita juga membantu mengurangi tindakan penyuapan, korupsi, dan semacamnya. Ternyata mengurus surat kendaraan di kantor samsat mudah kok, cuma memang time consuming dan agak menguras tenaga saja.

Jadi... buat yang mau mengurus surat kendaraan di kantor samsat hati-hati yaa. Saya mau bantu jelasin proses balik nama STNK yang benar sesuai proses hukum secepatnya setelah postingan ini.


Stay tune!

Tidak ada komentar: